Tips mempercepat kinerja smartphone

gbr: leonardo247.com

Imfoanyar | di jaman era teknologi manusia tidak terlepas dari yang namanya smartphone, ya handphone pintar atau kita juga menyebutnya smartphone, tapi tanpa kita sadari semakin kita sering menggunakan smartphone semakin lama kinerjanya berkurang .

Pernakah  kalian merasakan ponsel android yang anda pakai megalami lemot ataupun lambat yang belebihan setelah banyak digunakan untuk sekedar browsing dan juga berselancar pada dunia maya menggunakan internet.

lambatnya smartphone tersebut bisa jadi dipengaruhi  oleh cache yang telah menumpuk sehingga memenuhi pada memori smartphone anda,
Untuk itu saya punya tips mempercepat kinerja smartphone.

Sebelum lebih jauh membaca kita kenalan dulu, Apa Itu Cache? Definisi dan pengertian Cache ??

Definisi dan pengertian dari cache itu sendiri, Cache adalah sebuah file yang dibuat untuk menyimpan data sementara ( temporary ) di dalam memori perangkat smartphone. File ini yang tersimpan bertujuan untuk membantu mempercepat proses memuat data pada sebuah halaman situs atau peforma transfer data pada suatu aplikasi yang terinstal di perangkat smartphone.

Semakin banyaknya browsing dan menggunakan aktivitas menjelajah internet dalam smartphone maka kapasitas dari file cache tersebut akan semakin banyak, ini yang akan membuat smartphone menjadi lemot. Semakin banyak dan besar volume cache yang tersimpan akan semakin besar beban pada kapasitas memori pada perangkat digunakan, sehingga ini menjadi penyebab utama smartphone menjadi lemot.

Berikut ini cara menghapus cache pada smartphone, supaya smartphone kita jadi cepat.

Saya sudah jabarkan sebelumnya apa itu cache, definisi dan pengertian dari cache itu maka selanjutnya akan mengulas mengenai bagaimana cara menghapus cache pada smartphone. Apabila smartphone anda terasa lambat dan tidak pernah anda lakukan penghapusan cache sebelumnya maka ada baiknya mencoba cara ini untuk dapat mengoptimalkan kembali kinerja smartphone agan.

1. buka menu “Setting” dan pilih “Storage”
2. buka informasi “ Cached Data” hingga akan keluar sebuah pop up untuk hapus cache dari semua aplikasi yang berjalan dan terinstal.
3. selanjutnya tekan “OK” untuk konfirmasi menghapus cache pada smartphone secara keseluruhan.

Tenang jangan panik dulu ada cara yang lebih mudah menghapus Cache pada smartphone dengan mudah menggunakan aplikasi
Selain dengan cara menghapus cache pada ponsel android dengan masuk ke menu pengaturan tadi , bisa juga menggunakan aplikasi penghapus cache yang dapat diunduh dan di instal pada play store. Aplikasi ini akan lebih efektif dan efesien dalam menghapus cache pada smartphone dengan mudah dan bisa juga diatur waktunya, bahkan ada juga sebagian aplikasi bisa memberikan peringatan apabila kapasitas cache sudah melampui batas optimal penggunaan di smartphone anda.

Beberapa aplikasi tersebut yang bisa gunakan adalah sebagai berikut :

Gbr : download.cnet.com

Ccleaner
Aplikasi ini sudah sangat familiar di perangkat Komputer dan Laptop, tapi sekarang sudah hadir pada perangkat ponsel android dan dapat diunduh di playstore/app store. Ccleaner bermanfaat untuk menghapus cache, Thumbnail cache, SMS lama, panggilan seluler, hingga memberhentikan aplikasi yang berjalan dibelakang layar. Dengan aplikasi ccleaner ini smartphone akan terjaga dari lebihnya kapasitas cache yang dapat membuat smartphone sobat menjadi lambat.

 Baca Juga: Fitur whatsapp yang tersembunyi

Clean Master
Pada saat ini aplikasi penghapus cache terbaik dipegang pleh Clean Master,  aplikasi ini sangat populer di kalangan para pengguna ponsel android disebabkan oleh kemudahan dan banyaknya manfaat yang dapat diperoleh pada aplikasi clean master ini. Aplikasi ini dirancang dan dikembangkan oleh cheetah mobile dan saat ini penggunaan nya sudah sangat banyak dan populer untuk mengatasi ponsel android dari lambatnya kinerja yang disebabkan oleh cache dan hal sebagainnya yang berhubungan.


Pada aplikasi clean master ini selain dapat menghapus cache pada ponsel android, aplikasi ini juga bermanfaat untuk menghapus duplikasi foto yang tersimpan pada memori smartphone. Selain itu, aplikasi clean master ini dapat mendeteksi file file berukuran besar yang dapat memakan kapasitas memori, dan kemudian memberitahukan kepada user smartphone android untuk dapat menghapus atau mempertahankan file besar tersebut.

DU Speed Booster & Cleaner
Aplikasi ini baterai jadi sasaran utamanya. Tapi, di dalam paket yang sama juga dapat menjumpai fitur penghapus cache yang serbaguna dan sangat bermanfaat pada DU Speed Booster

Baca Juga: Karena game pemuda ini jadi kaya

Avast Cleanup
Pilihan berikutnya disajikan oleh Avast yang turut hadir memperketat persaingan. Avast Cleanup diklaim dapat membantu pengguna Android membersihkan perangkatnya dari sampah atau cache, aplikasi yang berjalan di belakang layar dan juga berkas-berkas tak terpakai



Cache Cleaner +
Cocok dengan embel-embel plus (+) yang diusungnya, aplikasi ini menawarkan kemampuan lebih yang membuatnya berbeda dengan aplikasi pembersih cache lainnya. Seperti, kemampuan untuk mengukur batas ukuran cache, informasi cache per aplikasi, menghentikan aplikasi dan mencopotnya dari sistem mantap kan.

Baca Juga: Handphone murah yang tidak murahan

Itu sedikit ulasan tips dan trik mempercepat kinerja smartphone semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips mempercepat kinerja smartphone"

Post a Comment